10 Ciri-Ciri Orang Beriman

Feb 5, 2019

Sebagai seorang individu, memiliki keimanan yang kuat merupakan suatu hal yang sangat penting. Memahami karakteristik dan ciri-ciri orang beriman dapat membantu kita dalam memperkuat keyakinan dan menumbuhkan spiritualitas yang lebih dalam. Berikut adalah 10 ciri-ciri orang beriman yang sering ditemui, lengkap dengan dalilnya:

Ciri-Ciri 1: Ikhlas dalam Beribadah

Seorang yang beriman akan melakukan ibadah dengan ikhlas tanpa mengharapkan pujian atau imbalan dari orang lain. Dalilnya terdapat dalam Surah Al-Bayyinah ayat 5 yang menyatakan, "Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus."

Ciri-Ciri 2: Berbakti kepada Orang Tua

Seorang beriman akan senantiasa berbakti kepada orang tua, karena hal ini merupakan tuntunan agama. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ridho Allah terletak pada ridho orang tua dan murka-Nya terletak pada murka orang tua."

Ciri-Ciri 3: Menjaga Amanah

Keberiman juga tercermin dari kemampuan seseorang dalam menjaga amanah. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa dipercayakan sesuatu lalu ia khianati, maka ia bukan termasuk golongan kami (umat Islam)."

Ciri-Ciri 4: Sabar dalam Menghadapi Cobaan

Orang beriman akan senantiasa sabar dalam menghadapi segala cobaan dan ujian yang datang. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 155-157, "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'uun".

Ciri-Ciri 5: Menjaga Perilaku dan Tutur Kata

Seorang yang beriman akan menjaga perilaku serta tutur kata-nya. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat, maka hendaklah dia berkata yang baik atau diam."

Ciri-Ciri 6: Tidak Membicarakan Orang Lain

Menjaga lisan adalah salah satu ciri orang beriman. Membicarakan keburukan orang lain tanpa tujuan yang baik merupakan tindakan yang tidak terpuji. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Hujurat ayat 12, "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."

Ciri-Ciri 7: Berbuat Baik kepada Sesama Makhluk

Seorang yang beriman akan senantiasa berusaha berbuat baik kepada sesama makhluk Allah. Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya."

Ciri-Ciri 8: Menjaga Lingkungan

Seorang yang beriman juga akan melestarikan lingkungan, karena hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab sebagai khalifah di bumi. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-A'raf ayat 56, "Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah bersama-sama dengan orang-orang yang ruku'."

Ciri-Ciri 9: Taat kepada Perintah Allah

Orang beriman akan senantiasa taat kepada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Firman Allah dalam Surah Al-Imran ayat 31, "Katakanlah: "Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Ciri-Ciri 10: Mengikuti Sunnah Nabi

Terakhir, orang beriman akan senantiasa berusaha untuk mengikuti sunnah Nabi dalam segala aspek kehidupan. Beliau merupakan contoh teladan terbaik bagi umat Islam. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa meniti jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga."

Demikianlah 10 ciri-ciri orang beriman lengkap dengan dalilnya. Semoga informasi ini dapat menjadi panduan dan inspirasi bagi kita semua dalam meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT.